Trip ke Gunung Bromo dan Rafting di Sungai Pekalen, Probolinggo (Part I)

Jumat, Agustus 2015

Ada yang sudah pernah trip ke Gunung Bromo atau Rafting di Sungai Pekalen Probolinggo Jawa Timur? Bagi yang belum pernah, sedikit saya berbagi sekelumit cerita liburan singkat kami (istri, adik dan saudara) ke Gunung Bromo.

Dimulai ketika rencana liburan kami untuk yang kedua kalinya ke Karimunjawa, pengen wisata air snorkeling ceritanya, namun beberapa menit atau hitungan jam sebelum kami berangkat dengan Bus yang akan membawa kami ke Jepara, kami mendapat telepon dari pihak tour guide Karimunjawa kami bahwa trip ke Karimunjawa untuk keesokan hari dibatalkan karena ombak di Laut Jawa besar. What!!! Kapal tidak diijinkan berlayar dari pelabuhan Karimunjawa. Rupanya bulan Agustus adalah salah satu bulan yang kurang bagus cuacanya untuk berlibur ke Karimunjawa, ombaknya besar..

Karena tiket bus sudah terlanjur dibeli, maka kami ubah plan, kami tetap lanjutkan perjalanan dengan bus ke Jepara dengan tujuan berhenti di Semarang untuk kemudian pindah bus tujuan ke Gunung Bromo. Yah benar, ganti destinasi!

Sudah jauh-jauh saudara datang dari Sumatera dan kami (saya dan istri) harus memberikan kesan liburan yang menyenangkan. Tiket bus Bandung – Jepara IDR 175.000

Selalu browsing mencari penginapan dan kendaraan jeep selama perjalanan. Sesampai di Semarang rupanya kami bertemu dengan peserta trip ke Karimunjawa dari Tour lain dan mereka juga dikabari oleh pihak tour guide mereka bahwa Kapal dari Karimunjawa tidak bisa berangkat karena ombak besar. Mereka dialihkan pemberangkatan melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang, syahbandar Pelabuhan Kartini Jepara dan Tanjung Emas bisa berbeda kebijakan dalam penilaian karena berbeda lokasi. Kami mencoba peruntungan dengan ikut ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Taksi Avanza dari Terminal ke Pelabuhan Tanjung Emas kami tawar IDR 50.000

Sesampai di Tanjung Emas, kami mencoba lobi sana sini, cari info ke kanan kiri, dan berharap mendapatkan sisa tiket ke Karimunjawa, singkat cerita kami hanya diberi jatah 3 tiket, sementara kami rombongan ber-6. Saya memutuskan untuk membatalkan perjalanan ke Karimunjawa karena tidak bisa mendapatkan 6 tiket dan mengalihkan perjalanan ke Terminal Semarang untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya menggunakan bus. Tikert bus Restu tujuan Semarang – Surabaya IDR 90.000

Sambil tetap browsing selama perjalanan mencari CP tour guide wisata liburan ke Gunung Bromo, akhirnya saya mendapat rekomendasi dari teman info tentang tour guide ke Gunung Bromo.

Sesampai di Surabaya, kami menghubungi teman kami yang tinggal di Sidoarjo untuk meminta bantuan rental mobil yang akan kami bawa ke Probolinggo. Setelah mobil di dapat, terima kasih mas Syamsu dan mba Dhina😀 kami juga sudah diperkenankan untuk menginap di rumah mereka, besok pagi melanjutkan perjalanan ke Probolinggo menggunakan mobil rental. Oiya teman kami ini adalah teman ketika kami trip ke Karimunjawa tahun lalu ini. Indahnya liburan dan mendapat teman atau sahabat baru..

Sabtu, Agustus 2015

Setelah semalem menginap degan segudang obrolan bermutu, makan disiapkan semua, pagi kami berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke Probolinggo. Tujuan adalah rafting di Sungai Pekalen Probolinggo. Meski tiket belum ditangan, sembari kontak sana sini selama di perjalanan. Akhirnya kami mendapatkan info rafting dan langsung menuju lokasi untuk melakukan pembayaran. Serba mendadak namun dimudahkan, Alhamdulillah.. Perjalanan Surabaya – Probolinggo kami tempuh dalam waktu 3 jam. Konsumsi BBM (bensin) Surabaya – Probolinggo PP IDR 250.000

Sesampai di pos Songa Rafting, kami mendaftar, melunasi pembayaran lalu sembari menunggu giliran dipanggil untuk menuju lokasi sungai, daftar kami dipanggil jam 14.00 WIB, banyak rombongan karyawan perusahaan yang akan melakukan arung jeram, kami mencari makanan di sekitar pos Songa Rafting, sekitar 50 meter dari pos ada warung kecil dengan menu seadanya yang murah meriah, bisa ditanyakan ke petugas disana, satu-satunya warung terdekat kok.

Panggilan wisata arung jeram dimulai. Ganti baju dan celana, bawa kamera underwater untuk dokumentasi, menggunakan helm, baju pelampung serta dayung yang sudah disiapkan panitia. Kami naik mobil bak terbuka ke lokasi pemberangkatan arung jeram. Wisata rafting di Sungai Pekalen ini ditempuh, diatas air, dalam waktu sekitar 2,5 jam. Selanjutnya biar gambar yang berbicara.. Biaya rafting IDR 250.000 di Songa Rafting. Apa ada yang mendapatkan harga lebih miring?😀

Air Terjun  + Goa KelelawarAir Terjun + Goa Kelelawar

Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Aliran air sedang surut katanya karena kami datang ketika musim kemarau mendera. Namun arus tetap seru dan menantang. Di sepanjang perjalanan ada air terjun yang cukup deras dan indah, serta goa kelelawar dengan aroma ee kelelawar yang asam J Selesai rafting kami kembali ke Pos, ganti baju lalu makan malam dengan menu yang menggugah selera, mungkin karena kami kelaparan faktor X yang membuat kami makan dengan lahap..😀

Selesai makan kami melanjutkan perjalanan ke penginapan untuk trip selanjutnya ke Gunung Bromo.. (bersambung)