Menolong Hewan

Suatu pagi, seorang petapa tua baru saja menyelesaikan meditasinya di sebuah hutan yang begitu asri & indah. Ketika ia hendak pulang, ia melewati sebuah telaga yang indah.

Tiba-tiba tampak dipinggiran telaga seekor scorpion mengambang tanpa daya di atas air. Pak tua tersebut menggeser scorpion tersebut ke tepian telaga, lalu dengan sebuah akar pohon yang menjuntai keluar ia berpegangan sementara tangannya yang satu lagi mencoba meraih scorpion tersebut utk menolongnya agar tidak tenggelam.

Namun ketika dia menyentuh scorpion tersebut. Scorpion tersebut langsung berusaha menyengatnya. Spontan secara refleks si pak tua menghindarinya.

1 menit kemudian, setelah keseimbangannya sudah stabil kembali, ia mulai kembali usaha penyelamatannya. Kali ini scorpion tersebut menyengatnya dengan sangat buruk dengan ekornya yang berbisa. Tangannya hingga bengkak dan berdarah.

Seorang pejalan kaki yang sejak awal memperhatikan adegan tersebut berkata : “Pak Tua, apa tidak salah? Mengapa kamu mau merisikokan nyawamu untuk menolong makhluk yang tidak tau diri dan berusaha membunuh kamu?”

Pak tua itu memalingkan mukanya pada si pemuda seraya menatap mata pemuda tersebut. “Sahabatku, adalah sifat alamiah scorpion untuk bereaksi dengan menyengat. Dan hal ini tidak mengubah sifat alamiahku untuk menolong.”

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Menolong haruslah tanpa syarat. Ketika kita menolong baiknya kita tidak memikirkan. Saya mau menolong jika… begini atau begitu…

Kebaikan hati kita kadang dimanipulasi. Biarkanlah. Itu urusan dia. Ketika kita mampu dan ada kesempatan untuk menolong, tolonglah. Yang terpenting adalah “usaha menolongnya” bukan apa yang terjadi setelah itu.

“A generous heart, kind speech, and a life of service and compassion are the things which renew humanity.” Buddha

====

Semoga menginspirasi kita untuk menjadi pribadi penolong kepada semua makhluk ciptaan Allah

sumber : milis, EYD edited by me

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: